Home   News   Workshop Memupuk Ketrampilan dan Kreatifitas Siswa

Workshop Memupuk Ketrampilan dan Kreatifitas Siswa

Workshop merupakan salah satu Program Rutin Tahunan di SDK PENABUR Kota Modern. Kegiatan ini diberikan untuk siswa kelas 1 – 6 dengan materi yang berbeda tiap jenjang kelas. Kegiatan ini sudah berlangsung selama lebih kurang 5 tahun.

Melukis payung
Siswa kelas 1 sedang melukis pada payung kertas

Melalui kegiatan workshop, para siswa diajarkan berbagai cara membuat aneka kerajinan tradisional, di antaranya membuat gerabah, membatik, melukis celengan/pot, melukis payung kertas, melukis caping dan lain-lainnya.

Melukis celengan
Siswa kelas 2 dengan serius melukis pada celengan tanah

Pada tahun pelajaran 2009-2010 jenis kegiatan yang diajarkan meliputi : melukis payung ( kelas 1 ), melukis celengan ( kelas 2 ), membuat mobil-mobilan dari kayu ( kelas 3 ), membatik ( kelas 4 ), melukis tas ( kelas 5 dan 6 ).

Menggunakan bor
Anak perempuan pun mampu menggunakan bor listrik

dalam workshop siswa kelas 3 membuat mobil-mobilan kayu

Dalam setiap kegiatan workshop siswa dituntut ketelitian, kerapihan, kreatifitas, dan juga kesabaran. Bahkan dalam pembuatan mobil-mobilan dari kayu, siswa kelas tiga dituntut untuk dapat menggunakan peralatan bengkel seperti bor dan gurinda. Demikian juga dengankegiatan membatik yang menggunakan sarana kompor untuk memanaskan cairan yang dipergunakan dalam membatik, siswa dituntut  untuk berhati-hati dan tidak ceroboh karena apabila mengenai anggota tubuh akan menimbulkan luka bakar. Setiap hasil karya akan dibawa pulang ke rumah masing-masing setelah proses selesai.

Membatik
Siswa kelas 4 sedang membatik pada sehelai kain

Program ini merupakan kegiatan yang sangat diminati siswa. Mereka mengikuti setiap proses kegiatan dengan gembira dan penuh semangat, meskipun mereka harus kotor karena berbagai bahan yang dipergunakan.

Melukis tas b
Kegiatan workshop yang diikuti siswa melukis tas

Di tengah era modernisasi dengan kemajuan tekhnologi yang semuanya serba otomatis dan instan serta lunturnya rasa bangga terhadap bangsa dan negara, dengan memperkenalkan berbagai kerajinan tradisional kepada siswa selain untuk memupuk kreatifitas juga semakin menambah  rasa cita terhadap budaya bangsa ( spt. : membatik dan melukis wayang ).

 

Siswa dan hasil karya
Para siswa bergaya dengan hasil karyanya

SDK PENABUR Kota Modern tetap akan memprogramkan workshop tentang berbagai kerajinan tradional sebagai Program Rutin dalam Prosata sekolah di masa-masa mendatang.

( Sugiyanto )

 

Share